Rabu, 12 Desember 2012

Desain Geometrik Jalan dengan Autocad Civil 3d (2)

pada blog kemarin kita telah membuat alignment horisontal untuk jalan raya, sekarang selanjutnya akan membuat potongan memanjang atau Profile.

Profile terdiri dari dua yaitu Existing Ground (EG) yaitu penampang mamanjang kondisi existing atau awal dan Finish Ground (FG) yaitu rencana elevasi penampang jalan.

Mari kita mulai, buka kembali file contoh kemarin yang sudah dibuat alignment horisontal.

  • Pada menu Home, klik panah pada Profile, klik Create Surface Profile

pada kotak dialog create profile from surface, pada kolom alignment isilah alignment sesuai dengan yang telah dibuat (Road-1), pilihlah surface dan klik add, klik draw in profile view sehingga muncul kotak dialog berikut :


pada tab General, klik profile view style untuk mengatur grid, scale, title text, interval station dan label vertikal dan horisontal.
klik tab next station range ada 2 pilihan, otomatis dan user spesified range bila yang diinginkan tampil pada range sta tertentu. 
klik next profile view height ada 2 pilihan, otomatis dan user spesified apabila ingin ditampilkan pada range elevasi tertentu.
klik next sampai data band, select data band set, misal untuk menambahkan data cut and fill.
klik next profile hatch option, adalah untuk memberi arsiran pada penampang yang terdapat galian (cut) atau timbunan (fill).
kemudian klik tab create profile view. klik pada tempat yang kosong


yess, surface profile sudah selesai.
selanjutnya adalah membuat desain elevation atau Finish Ground.

  • Pada menu Home, klik panah pada Profile, klik Profile Creation Tools 

pada profile layout tool, klik draw tangen with curve, mulailah membuat garis tangen pada gambar profile untuk membuat alignment vertikal (FG) sesuai denga yang telah direncanakan.


pada gambar di atas terdapat dua garis yaitu existing ground dan finish ground (berwarna biru).

Gampang kan..
next blog saya dilanjutkan dengan membuat corridor model.

12 komentar:

  1. mas saya mau tanya nihh ,,, bagaimna cara kita menyamakan koorinat di gambar autocad civi 3d dengan gambar yang ada di google earth,,,
    trimakasih untuk penceerahannnya

    BalasHapus
  2. maaf baru balas, maklum baru turun gunung,baru dapat sinyal nih.
    pertanyaan bagus tuh, untuk meng insert image ataupun surface dari google earth, mmm... gimanaa yah caranya, begini :
    - settingan projection pada civil 3d dibuat dengan system UTM
    - settingan projection pada google earth juga sama dengan UTM
    - buka dulu google earth, bagusnya secara online, sehingga image dan surfacenya bisa teliti dan jelas.

    untuk lebih jelasnya okelah saya nanti akan tulis di blog biar yang lain tahu semua. yah.

    BalasHapus
  3. mas saya baru ungin memulai membuat 3d dengan civil
    Saya mau tanya, saya punya CAD file yg dibuat di AUTOCAD biasa berupa existing site, data/gambar mengenai profile jalan dan saluran, selain file dari CAD, saya juga punya file txt.untuk points
    Saya berencana untuk membuatnya kembali dengan AUTOCAD CIVIL ini dan saya telah buat kontur berdasarkan points yg ad pada civil, nah untuk tahap selanjutnya adalah mendesain site tersebut menjadi jalan, saluran, sungai dll sesuai file/data AUTOCAD yg sdh ada. Saya mau tanya ketika create profile, angka2 yang dihasilkan itu berasal darimana?misal di AUTOCAD lama sudah ada angka2 profilenya. bagaimana cara kita mengaturnya?
    dan bagaimana cara melihat preview 3dnya, krn yg saya lihat masih terdiri garis2,3dnya pun masih terlihat tersusun dari garis2...

    sebelumnya terima kasih,

    BalasHapus
    Balasan
    1. Parameter2 pada desain jalan sudah di otomatisasi oleh civil 3d, secara default berdasarkan aashto 2001. dengan hanya memasukan kecepatan rencana, kita tidak perlu lagi menghitung LC, LS, LV, Tangen,emax, superelevasi, dll.
      tetapi kalau mau digantipun sudah disediakan juga base design yg lain.
      contoh : pada saat membuat alignment horisontal, pada tab design criteria, cheklist use base design criteria, dan kolom value bisa di pilih mau pakai aashto urban road, aashto emax 4%-12% atau transisinya 2 lane / 4 lane. bisa juga base design memakai aashto 2004.
      demikan..

      Hapus
  4. mas saya mau tanya mengenai Civil 3d adakah referensi buku atau tutorial lengkap step by step civil 3d ini sendiri agar paham dan mengerti mengenai detail keseluruhan program civil 3d thks. terus posting ilmu civil 3d nya mas pipin.. (y)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tutorial dalam bentuk cd beserta softwarenya sdh ada di saya.

      Hapus
    2. boleh di share mas...ni email sya afit.gafar@gmail.com

      Hapus
  5. mohon bantuan nya mas,.
    saya membuat layout profile di civil 3d kok gambarnya jadi berantakan
    dan terkadang hanya panjang nya saja yang muncul dan itupun hurufnya besar2
    kertasnya padahal sudah saya set masih juga hasilnya kecil
    mohon bantuannnya ya

    indra_UNJA@yahoo.com

    BalasHapus
  6. Assalamualaikum wr. wb.
    terimaksih sebelumnya pak atas sharing ilmunya. mengenai tutorial di atas bisa tidak pak di munculin juga elevasi alinemen vertikal rencananya?
    terimaksih sebelumnya

    BalasHapus
  7. assalamu alaikum mas,
    terima kasih atas postinganya,sangat bermanfaat,
    saya baru belajar civil3d 2012,dan saya mengalami kesulitan di pengaturan station dan pengaturan grid di profile.
    mohon pencerahanya bagaimana mengatur kedua hal tersebut?
    terima kasih..

    BalasHapus
  8. mas klo saya mau pelatihan ke sampean bisa ndak yah dan berapa baiaya ajasanya

    BalasHapus
  9. maaf mas, ini ada youtube nya ga?

    BalasHapus