Jumat, 07 Desember 2012

Desain Geometrik Jalan dengan Autocad Civil 3d

Pelajaran selanjutnya adalah kita akan membuat desain geometrik jalan dengan menggunakan software Autocad Civil 3d. Untuk perhitungan perencanaan desain geometrik itu sendiri akan saya bahas pada tulisan saya berikutnya.
sebaiknya kalian disarankan untuk sambil membuka program autocad civil 3d supaya lebih cepat belajarnya.. hmm.. kayak dosen ajah nih. (padahal saya sendiri masih amatiran he..he).

oh iya.. pada pelajaran yang lalu kita sudah bisa membuat kontur, tapi label kontur belum tampil. begini caranya :

  • klik Annotate, klik tanda panah pada Add Label, klik surface, klik contour multiple at interval, kemudian bikin garis yang memotong kontur dari ujung sampai ujung yang satunya. tekan enter, masukan interval label kontur (cth: 100) enter. selesai deh labelnya.


mari kita lanjut..

Tahapan mendesain geometrik jalan adalah sebagai berikut:
  1. membuat alignment horizontal
  2. membuat alignment vertical (profile)
  3. membuat template cross section (assembly dan sub assembly)
  4. membuat corridor
  5. membuat sample line (cross section)
  6. menghitung volume
sekarang langsung saja buka gambar kemarin yang sudah ada konturnya.

buat garis polyline yang menghubungkan titik titik PI point, PI point adalah titik intersection / perpotongan antara 2 garis tangen.
Pada menu Home klik tanda panah pada alignmnent klik alignment from object klik polyline yang sudah dibuat, tekan enter, lihat tanda arah panah yang menunjukan arah jalan dimulai dari sta awal, kalau terbalik ketik R (reverse), tekan enter.




pada kotak dialog isi nama alignment, starting station, dan interval sta, isi major station interval dengan 50 dan minor station dengan 25 klik OK.


membuat alignment sudah selesai selanjutnya membuat profile pada blog selanjutnya..

10 komentar:

  1. Menarik jg kak,,
    boleh minta tutor nya???
    buat TA aq,, bingung mau buat apa ttg auto cad >.<

    BalasHapus
  2. Hm..thanks for your attention, mau ngambil TA tentang apa? kuliahnya jurusan apa? kalau jurusan teknik sipil biasanya autocad hanya dipakai untuk sub judul atau metodanya aja. contoh : analisa desain geometrik jalan dengan menggunakan autocad civil 3d. saya juga nanti akan menulis tentang desain tebal perkerasan jalan, semoga bisa membantu. salam.

    BalasHapus
    Balasan
    1. saya ada rencana mau TA. tentang perencanaan geometrik jalan dengan software civil 3d,boleh lah minta tutor nya bang. email:abdulsunandi23@gmail.com

      Hapus
  3. Sekalian tutor untuk bikin koridor jalan 3d bya pa.

    BalasHapus
  4. Terima kasih banyak kak Pipin, materinya sangat bermanfaat... Keep Posting bro!

    BalasHapus
  5. Kang Pipin, saya mengalami kesulitan pada intersection (superelevasi dan cross section), pada intersection saya masih belum paham memposisikan "sample line", gambar cross section pada intersection banyak yang tidak masuk akal seperti : perkerasan jalan yang patah, daylight "cut" masuk/didalam existing ground, dll

    BalasHapus
  6. kang pipin, saya mau nanya nich.. disini "kebiasaan" pengambilan data survei dilakukan per cross section,. misalnya per 25 m,. sehingga kalo kita membuat kontur, konturnya pada salah semua, hal ini diakibatkan data2 terluar pada cross section dianggap data bounderis, apa solusi kang? makasih

    BalasHapus
  7. Sangat bermanfaat... matursuwun

    BalasHapus
  8. boleh emailkan file .txt untuk membuat kontur nya om?
    link nya gak aktif di blog import point
    thanks sblmnya, email saya jonatansurbakti19@gmail.com

    BalasHapus
    Balasan
    1. Boleh imail kan pak utk buat kontur section kalau ada email : andrewhinata@gmail.com

      Hapus